Kamis, 08 Desember 2016

Filled Under: , , , , , , ,

Penulisan Judul yang Benar

Foto bersama sebelum pulang😍




Readers...
Maafin mimin baru sempat posting lagi. Sungguh maafkan.

Jadi pada hari Sabtu, 26-11-16 lalu, kelas diisi dengan agenda mengupas salah satu cerpen anggota kita yang bertajuk "Jumini" buah karya saudari Murni Newewe.

Cerita pendek yang mengisahkan seorang perempuan bernama Jumini tengah berjuang melewati cobaan diselingkuhi suami. Ia berupaya mempertahankan rumahtangganya biar apa pun yang terjadi. Namun ujian datang bertubi-tubi, seakan Tuhan benar-benar tak ingin Jumini jauh dari-Nya.
Kurang lebih kesalahan yang perlu diperbaiki adalah masih adanya beberapa kalimat kurang efektif, kemudian sedikit kata tidak sesuai ejaan bahasa Indonesia, bagian opening dan ending juga disebut-sebut kurang memikat. (Untuk mengupas tips opening dan ending yang memikat akan dibahas di lain waktu)
Namun, ide yang diangkat dalam cerita Jumini cukup baik; unik, berkarakter kuat, serta dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Member mendiskusikan cerpen "Jumini"

Sempat juga dipertanyakan kenapa judulnya Jumini? Bukan yang lain, atau minimal ditambahin beberapa kata. Misalnya, Jumini dan Saputangan Kenangan, atau Kekuatan Terpendam Jumini, jangan satu tok. Hal itu dijawab santai penulisnya, "Karena suka aja, kayak unik gitu, boleh, kan?"

Lalu sejenak kemudian ada anggota lain yang nyeletuk, "Ah, itu biar gampang aja nulisnya, because nulis judul kan susah. Ada huruf kecil dan besar. Membingungkan."
Tentu saja hal itu segera dibantah Mbak Murni, dan tak berselang lama kelas dipenuhi oleh tawa.
Mendengarkan materi dari penulis kenamaan Jepara

Ada yang juga mengalami kesulitan dalam menulis judul? Judul adalah salah satu bagian penting dalam cerita. Pemilihan kata yang tak biasa akan membuat tertarik dan penasaran. Ibaratnya seperti tampilan fisik, atau tampilan luar, sebelum membaca keseluruhan cerita mau tak mau harus kenalan dengan judulnya terlebih dahulu.
Berikut di bawah ini akan mimin paparkan beberapa kata sambung yang jika ditulis di tengah judul penulisannya memakai huruf kecil. Jika di awal kalimat tetap ditulis kapital ya.
Dengan
Ke
Oleh
Ala
Buat
Tetapi
Setelah
Tapi
Untuk
Bagi
Dari
Di
Kepada
Pun
Sebelum
Tentang
Yang
Daripada
Karena
Pada
Sampai
Tanpa
===
Contoh : Misteri Danau Asin tanpa Garam (benar)
Tanpa Kau, Aku Tetap Bisa Bahagia (benar)

Udah segitu dulu ya...
Jika masih ada salah tolong dikoreksi.

See you

0 komentar:

Posting Komentar