Sabtu, 07 Januari 2017

Filled Under:

Tips Menulis,Teknik Mendapatkan Ide



Assalamualaikum wr. wb.
Bagaimana kabar teman-teman hari ini? Semoga senantiasa sehat dan bahagia ya....
Pernah tidak, readers merasa saat ingin menulis, namun
begitu kesulitan mendapatkan sebuah ide. Aduuh, mau nulis apa ya, hari ini? Atau terkadang dalam mengikuti kompetisi biasanya ditentukan tema tertentu. Nah, mau tidak mau penulis harus menyesuaikan isi tulisan dengan tema yang diinginkan. Jika pernah merasa demikian, terus baca sampai akhir ya.

Saya pernah bertanya kepada salah seorang penulis yang karyanya cukup laris terjual mengenai hal-hal di atas. Jawabannya pendek saja. Dengan ringan dia mengatakan, "Dari mana bisa mendapatkan ide menulis? Dari apa saja."
Yap! "Apa saja," ujar si penulis.
Bukankah apa pun bisa ditulis? Semua hal di dunia ini bisa ditulis.
Saat menanyakannya ekpektasi saya akan mendapatkan jawaban teknis seperti merenungkan diri, melihat sekitar, atau setidaknya mungkin terinfluence dari adegan film yang ditonton. Karena saat membaca novel-novelnya saya seperti sedang menonton sebuah  film. Xixixi. Saking detailnya tiap kata yang ditulis mewakili adegan dan perasaan tokoh.

Well, begitulah. Bila sudah menyadari bisa menuliskan sesuatu dari apa saja, sekarang kita coba memancingnya.

Seperti yang saya tangkap dari materi di kelas AMJ lalu, Pak Kartika Catur Pelita, selaku pemateri memberi contoh teknik memancing ide dengan cara yang menarik.
Yakni ; melalui mendengar lagu, kemudian peserta yang hadir diminta menyebutkan satu kata yang terlintas saat mendengarkannya.
Dan hasilnya luar biasa. Dari satu kata antar peserta yang hadir bila dirangkai dapat membentuk kalimat yang indah. Nah, dari kalimat tadi bisa dikembangkan lagi sesuai imajinasi penulis.

Pak KCP pun memberikan contoh dari proses kreatif barusan. Pernah juga beliau bercerita kalau sedang ide buntu, ia akan mengajak seorang kawan main tebak-tebakan kata. Asal saja menyebutkan satu kata. Tapi dari sesuatu yang asal itulah dapat tercipta beberapa karya.

Bagaimana, mau mencobanya?
Hehehe.
Baiklah kalau begitu saya mau pamit dulu. Semoga sedikit ulasan tadi bermanfaat. Sampai ketemu di tulisan berikutnya.


Pay pay...

0 komentar:

Posting Komentar