Jumat, 22 September 2017

Filled Under:

Serunya Belajar Puisi Lama

Oleh : Innocento Dyah Nurmala

                Halo, halo, Sobat AMJ. Mau tahu serunya pelatihan di AMJ? Kali ini mau sedikit cerita tentang pelatihan di Akademi Menulis Jepara, Sabtu, 12 Agustus 2017. Kira-kira apa yang membuat seru pelatihan di hari itu?
                Hari itu AMJ membahas tentang puisi lama bersama salah satu guru AMJ yang ngehits, penulis buku Balada Orang-Orang Tercinta. Ada yang kenal? Yaps, Kartika Catur Pelita!
                Tahu nggak, apa saja jenis-jenis puisi lama? Ini salah satu materi yang dibahas di pertemuan AMJ hari itu. Ini dia yang tergolong puisi lama, ada Syair, Pantun, Talibun, Seloka, Gurindam, Karmina, dan Mantra. Wah... mengingatkan mata pelajaran Bahasa Indonesia, ya.
                Ini dia, salah satu karmina yang dibahas di kelas AMJ.
                Dahulu parang, sekarang besi
                Dahulu sayang, sekarang benci
                Mengingatkan Sang Mantan ya, hehehe... Selain Karmina, ada Pantun juga loh. Ini bukan Jarjit di kartun Upin-Ipin loh yang berpantun. Ayo simak pantunnya!
                Kalau ada sumur di ladang
                Bolehlah menumpang mandi
                Kalau ada umur yang panjang
                Bolehlah berjumpa lagi
                Pelatihan hari itu diakhiri dengan membuat syair beruntun oleh peserta AMJ tentang Ratu Shima. Syairnya diakhiri dengan huruf vokal ‘A’. Kata terakhir dari syair hari itu adalah tertawa, hahaha..

                Itulah keseruan kelas Akademi Menulis Jepara. Tidak melulu AMJ berteori loh, tertawa menjadi bagian dari setiap kelas AMJ. Ayo bergabung bersama AMJ. Temui dan tertawa bersama kami, hari Sabtu jam dua siang di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara. Siapa pun boleh ikut gabung. Jangan malu, jangan sungkan ya... (Inn)

0 komentar:

Posting Komentar